Pantangan Demam Rematik yang Harus Dhindari

Pantangan Demam RematikUntuk menjaga kesehatan penderita demam rematik, ada beberapa hal yang harus anda hindari. Apa saja aktivitas atau makanan yang harus dihindari? untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Penyakit yang dapat menyerang siapa saja ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh adanya infeksi yang tidak segera ditangani. Demam rematik merupakan penyakit yang dapat berpengaruh pada jantung yang akan mengakibatkan dapat terjadi napas pendek, mata kaki membengkak, daerah sekitar mata membengkak, dan jantung berdebar lebih kencang.

Demam rematik merupakan penyakit yang perlu penanganan dan pengobatan demam rematik yang tepat untuk mencegah terjadinya komplikasi yang berbahaya yaitu kerusakan pada katup jantung sehingga terkadang katup jantung yang mengalami kerusakan harus diganti.

Untuk mencegah terjadinya komplikasi bahaya dari demam rematik, berikut adalah beberapa pantangan pada penderita rematik yang anda harus hindari yaitu :

  1. Makanan dan minuman yang mengandung kafein.
    Kafein merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari untuk penderita demam rematik karena dapat berpengaruh pada kondisi detak jantung dan dapat menimbulkan resiko terjadinya dehidrasi pada tubuh.
  2. Makanan yang mengandung lemak tak jenuh dan lemak trans.
    Kedua makanan ini merupakan makanan yang harus dihindari karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh terutama pada jantung dan dapat meningkatkan kadar kolesterol yang bisa mengganggu pembuluh darah. Makanan yang mengandung lemak trans ini biasanya terdapat pada makanan yang dibakar atau dipanggang dengan kandungan senyawa karsinogen yang dapat meningkatkan resiko peradangan pada arteri dan di otot jantung.
  3. Makanan yang mengandung sodium dan trigliserida.
    Sodium merupakan salah satu bagian dari nutrisi makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah dan dapat memperburuk kedaan. Selain sodium trigliserida juga merupakan pantangan penderita demam rematik karena dapat berpotensi tinggi untuk terserang demam rematik.
  4. Gula alkoholid.
    Gula ini merupakan jenis ini terkandung dalam beberapa makanan seperti minuman beralkohol, tape, dan durian yang dapat mengganggu kinerja jantung, sehingga tidak baik untuk pasien demam rematik yang beresiko tinggi terkena jantung rematik.

Selain dengan menghindari makanan diatas, bagi anda penderita demam rematik anda juga harus menghindari aktivitas berlebih sampai dengan gejala hilang dan untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Demikian penjelasan tentang pantangan demam rematik semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s